Article Detail

MPLS 2019 Cerdas, Berkarakter, dan Berintegritas

MPLS 2019 “Cerdas, Berkarakter, dan Berintegritas”

Senin, 15 Juli 2019, merupakan hari pertama belajar di sekolah untuk tahun pelajaran 2019/2020. Bagi  siswa baru, dimulai dengan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) selama tiga hari. Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan untuk menjembatani peserta didik baru mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, berupa lingkungan  fisik,  lingkungan  sosial  dan  cara  belajar  yang  berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya. SMP Sint Carolus Bengkulu juga melaksanakan kegiatan MPLS dengan terus mengedepankan Visi dan Misi serta pembentukan karakter serta Cc5 (Compassion, Celebration, Competence, Conviction, Community dan Creativity). Tahun ini mengambil tema “Bersiap diri menjadi pribadi cerdas, berkarakter dan berintegritas”, diharapkan dengan melalui MPLS ini siswa baru diharapkan terus tumbuh berkembang menjadi pribadi yang competence dalam proses belajar mengajar dan bias mengikuti kemajuan ilmu tekhnologi.

Kegiatan MPLS merupakan pengenalan awal ke arah terbentuknya kultur sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran.  Metode penyelenggaraan MPLS diupayakan partisipatif, aktif, inovatif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik baru. Hal yang perlu diingat oleh panitia pelaksana MPLS baik panitia dari unsur pendidik  (guru), tenaga  dan unsur peserta didik (siswa) adalah bahwa pelaksanaan MPLS harus bersifat edukatif tidak mengarah kepada tindakan kekerasan, tindakan destruktif dan/atau kegiatan lain yang merugikan peserta didik baru secara fisik maupun psikologis. Kegiatan MPLS juga melibatkan pengurus OSIS, SMP Sint Carolus Bengkulu mengemas kegiatan MPLS dengan berbagai materi yang telah dirumuskan bersama antara lain Visi Misi Yayasan Tarakanita, kurikulum, tata karma, KPKC, Wawasan Wiyata Mandala dan OSIS, siswa baru sebanyak 127 siswa dan siswa kelas VIII yang baru masuk 2 siswa dan kelas IX sebanyak 1 orang jadi total peserta 130 siswa. (RS)
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment